-->

Contoh Latar Belakang Pembuatan Makalah

BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya insan bangsa kita. Kualitas hidup bangsa sanggup meningkat kalau ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat berguru sanggup terbentuk kalau mempunyai kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka terperinci buku tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bab yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.

Judul makalah ini sengaja dipilih alasannya menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu menerima sumbangan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya sanggup diidentifikasi sebagai berikut :
  1. Bagaimana tugas perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah
  2. Bagaimana cara biar perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka problem yang dibahas dibatasi pada problem :
  1. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah;
  2. Cara-cara biar perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan problem tersebut, masalah-masalah yang dibahas sanggup dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana deskripsi tugas perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah ?
  2. Bagaimana deskripsi cara biar perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
Sumber :
Facebook CommentsShowHide

0 komentar