-->

Cara Mendidik Anak Biar Terhindar Narkoba


 Kemampuan Membina Hubungan yaitu kemampuan untuk mengelola emosi orang lain, sehingga tercipta keterampilan sosial yang tinggi dan menciptakan pergaulan seseorang menjadi lebih luas. Anak-anak dengan kemampuan ini cenderung mempunyai banyak teman, arif bergaul dan menjadi lebih populer.

Di sini sanggup kita simpulkan betapa pentingnya kecerdasan emosional dikembangkan pada diri anak. Karena betapa banyak kita jumpai anak-anak, dimana mereka begitu cerdas di sekolah, begitu cemerlang prestasi akademiknya, namun kalau tidak sanggup mengelola emosinya, menyerupai gampang marah, gampang putus asa atau besar kepala dan sombong, maka prestasi tersebut tidak akan banyak bermanfaat untuk dirinya. Ini yang kemudian akan melahirkan banyak sekali sikap menyimpang, salah satunya yaitu bawah umur yang kemudian tergelincir dalam narkoba ria!

Ternyata kecerdasan emosional perlu lebih dihargai dan dikembangkan pada anak semenjak usia dini. Karena hal inilah yang mendasari keterampilan seseorang di tengah masyarakat kelak, sehingga akan menciptakan seluruh potensinya sanggup berkembang secara lebih optimal.

Hal yang hampir senada juga dikemukakan oleh Robert Coles dalam bukunya yang berjudul “The Moral Intelligence of Children”, bahwa di samping IQ, ada suatu jenis kecerdasan yang juga memegang peranan amat penting bagi kesuksesan seseorang dalam hidupnya.

Hal ini ditandai dengan kemampuan seorang anak untuk bisa menghargai dirinya sendiri maupun diri orang lain, memahami perasaan terdalam orang-orang di sekelilingnya, mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Semua ini termasuk merupakan kunci keberhasilan bagi seorang anak di masa depan.

Kecerdasan Spiritual
Danah Zohar dan Ian Marshal dalam bukunya yang berjudul”Connecting with Our Spiritual Intelligence” (2000), menyatakan bahwa dalam otak insan ditemukan adanya eksistensi God-Spot sebagai sentra spiritual yang terletak antara jaringan syaraf dan otak. Adanya God-Spot dalam otak membuktikan bahwa insan mempunyai kepekaan terhadap makna hidup dan nilai-nilai kehidupan. 

Kecerdasan spiritual sanggup menumbuhkan fungsi manusiawi seseorang sehingga menciptakan mereka menjadi lebih kreatif, luwes, berwawasan luas, spontan, sanggup menghadapi usaha hidup, menghadapi kecemasan dan kekhawatiran, sanggup menjembatani antara diri sendiri dan orang lain serta menjadi lebih cerdas secara spiritual dalam beragama.

Peran orangtua dalam upaya menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual pada anak sangat penting. Sama pentingnya dalam upaya orangtua dalam menumbuhkembangkan potensi kecerdasan anak pada bidang yang lainnya. Dalam hal ini, yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua yaitu :
·      Usahakan untuk tidak mematikan spontanitas anak.
·      Usahakan untuk selalu tidak berprasangka jelek pada anak maupun orang lain.
·       Upayakan semoga sanggup mendidik dan membesarkan anak dengan kasih sayang serta keakraban dalam lingkungan keluarga.
·       Tumbuhkan rasa percaya diri anak dengan tidak melaksanakan kekerasan sehingga menjadikan anak jadi takut mencoba sesuatu hal yang gres serta sanggup mengambil kesimpulan yang keliru terhadap suatu peristiwa.
·       Upayakan semoga anak sanggup menciptakan dan mempunyai prioritas hidup.

Selanjutnya, bagaimana caranya semoga hal ini sanggup diwujudkan pada bawah umur kita semenjak usia dini? Suasana hening dan penuh kasih sayang di dalam keluarga, contoh-contoh konkret berupa sikap saling menghargai satu sama lain, ketekunan dan keuletan menghadapi kesulitan, sikap disiplin dan penuh semangat, tidak gampang putus asa, lebih banyak tersenyum daripada cemberut, semua ini memungkinkan anak menyebarkan kemampuan yang bekerjasama dengan kecerdasan kognitif, kecerdasan emosional maupun kecerdasan watak dan spiritualnya. Inilah yang disebut sebagai mendidik dengan cinta.

Penutup
Anak-anak unggul intinya tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Mereka sungguh memerlukan lingkungan subur yang diciptakan untuk itu, yang memungkinkan potensi mereka sanggup tumbuh secara lebih optimal. Dalam hal ini orangtua, di samping guru, memegang peranan yang amat penting.
Dengan pendidikan yang tepat, yaitu mendidik anak dengan kekuatan cinta, bawah umur akan tumbuh lebih optimal menjadi manusia-manusia unggul di masa depan. Bukannya justru menjadi manusia-manusia putus asa dan terjerumus ke dalam pelukan NARKOBA!


Sumber : http://www.bnn.go.id/portal/index.php/konten/detail/puslitdatin/artikel/10057/mendidik-dengan-cinta-untuk-mencegah-penyalahgunaan-narkoba-di-kalangan-remaja-iii
Facebook CommentsShowHide

0 komentar